kembali ke halaman muka

 

HARI 1

Hari 1 Sesi 1

Pembukaan dan Perkenalan Peserta

 

Pembukaan dilakukan oleh seorang fasilitator dengan menjabarkan latar belakang singkat pelaksaan pelatihan, dilanjutkan dengan sambutan dari beberapa pihak yang terkait. Setelah itu diikuti dengan beberapa permainan singkat yang bersifat ice breaking.

 

Usai permainan ice breaker fasilitator memberikan gambaran umum dari rangkaian dan akur kegiatan pelatihan yang akan dilakukan dalam empat hari kedepan. Selanjutnya peserta dan fasilitator/penyelenggara menetapkan beberapa tata tertib selama pelaksanaan pelatihan yang disepakati bersama.

 

Setiap awal dan akhir hari pelatihan dibuka dan ditutup dengan sesi singkat untuk mengevaluasi kegiatan. Lihat catatan untuk penyelenggara pelatihan dan catatan mengenai evaluasi.

 

Hari 1 Sesi 2

Prosedur Pembuatan Kebijakan di Indonesia Berdasarkan UU No. 10 Tahun 2004 (100 menit)

 

Alur Sesi

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memahami prosedur formal pembuatan kebijakan di Indonesia berdasarkan UU No. 32/2004

Fasilitator memaparkan presentasi tentang prosedur pembuatan kebijakan berdasarkan UU No. 10/2004

PPT tentang kedudukan peraturan perundangan, tahapan penyusunan kebijakan, dan penetapan kebijakan berdasarkan UU No. 10/2004

Peserta memperoleh pengayaan praktik pembuatan kebijakan berdasarkan sharing pengalaman dari para peserta

Fasilitator memandu diskusi secara pleno untuk menggali pengalaman peserta atas praktik pembuatan kebijakan baik di tingkat pusat maupun di daerah

Peserta memperoleh pemahaman tentang celah atau kesempatan bagi masyarakat sipil untuk mempengaruhi proses kebijakan di Indonesia

Fasilitator dapat memandu diskusi pleno untuk membahas celah atau kesempatan yang dapat digunakan untuk mempengaruhi kebijakan

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Pembentukan Peraturan Perundang-undangan” [ppt]

Fasilitator: Susmanto, INSPIRASI

 

Lembar Bantu Belajar

§         UU No.10 Tahun 2004 [pdf]

§         Partisipasi Masyarakat [pdf]

§         Paparan dan Diskusi [pdf]

§         Prosedur Pembuatan Kebijakan [pdf]

 

Toolkits & Bahan Bacaan

§         Prinsip-prinsip Tata Pemerintahan yang Baik di Indonesia [pdf]

§         Pemahaman Dasar tentang Partisipasi dan Fasilitasi Partisipatif [pdf]

Hari 1 Sesi 3

Pengantar Advokasi Kebijakan Berdasarkan Bukti (60 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memperoleh pemahaman tentang prinsip-prinsip advokasi kebijakan berdasarkan bukti

Fasilitator memaparkan prinsip-prinsip advokasi kebijakan berdasarkan bukti, dan apa yang dimaksud dengan bukti dalam advokasi kebijakan

PPT tentang Advokasi Kebijakan Berdasarkan Bukti

Peserta memperolah pengayaan tentang berbagai jenis "bukti" untuk advokasi

Fasilitator memandu diskusi pengalaman tentang data2 dan metode yang digunakan sebagai basis bukti untuk advokasi kebijakan

PPT instruksi diskusi kelompok tentang data dan metode untuk memperoleh data berdasarkan pengalaman advokasi kebijakan yang dilakukannya

Peserta memperoleh pengayaan pilihan-pilihan metode riset untuk memperoleh bukti bagi advokasi kebijakan

Fasilitator memaparkan beberapa pilihan metode riset untuk memperoleh bukti bagi advokasi kebijakan, dan perbandingan antar metode

PPT Metode-Metode Riset untuk kebijakan dan Perbandingan antar metodenya

Fasilitator memandu diskusi pendalamannya

PPT tentang Advokasi Kebijakan Berdasarkan Bukti

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Pengantar Advokasi Kebijakan Berbasis Bukti” [ppt]

Fasilitator: Dzuriyatun Toyibah, PP Lakpesdam NU

 

Lembar Bantu Belajar

§         Matriks Strategi Peneliti dan Kelompok Advokasi Mempengaruhi Kebijakan dengan Evidence Base [pdf]

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         Better Strategy: Targeting the Policy Process [pdf]

§         RAPID Framework for Assesing Research – Policy Link [pdf]/Kerangka Kerja RAPID untuk Memprakirakan Kaitan Penelitian dan Kebijakan [pdf]

§         Policy Engagement: How Civil Society Can be More Effective (Julius Court, Enrique Mendizabal, David Osborne, & John Young, RAPID-ODI) [pdf] mencakup:

·         Using Better Evidence/Menggunakan Bukti-bukti dengan Lebih Baik [pdf]

 

Toolkits & Bahan Bacaan

Tools for Policy Impact: A Handbook for Researchers (Daniel Start & Ingie Hovland, RAPID-ODI) [pdf]

Hari 1 Sesi 4

Pengenalan Baseline Data untuk Advokasi Kebijakan (120 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memahami nilai penting baseline data dalam advokasi kebijakan (terutama dikaitkan dengan Monitoring & Evaluation)

Fasilitator memaparkan nilai penting baseline data dalam advokasi berdasarkan bukti, data-data apa yang dapat digunakan sebagai data baseline

PPT tentang penjelasan baseline data untuk advokasi kebijakan

Peserta memperoleh pemahaman bagaimana memanfaatkan data yang tersedia atau dimiliki sebagai data baseline

Fasilitator mempresentasikan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk membangun baseline data dengan data yang dimiliki yaitu melakukan kuantifikasi atas data-data kualitatif

PPT tentang teknik kuantifikasi data kualitatif dalam membangun baseline data

Peserta mahir melakukan kuantifikasi atas data-data kualitatif yang tersedia

Fasilitator memandu kerja kelompok untuk melakukan simulasi teknik kuantifikasi data kualitatif dalam pengembangan baseline data

PPT penugasan kerja kelompok untuk simulasi

Fasilitator memandu diskusi refleksi simulasi

Lembar kasus

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Pengenalan Baseline Data untuk Advokasi Kebijakan” [ppt]

Fasilitator: Sirojuddin Arif, SMERU

 

Lembar Bantu Belajar

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         What is Baseline Data?[pdf]/Apa yang Dimaksud dengan Data Baseline [pdf]

§         Gathering Baseline Data [pdf]/Mengumpulkan Data Baseline [pdf]

 

Toolkits & Bahan Bacaan

Using Baseline Data for Policy Advocacy: An Introduction (Widjajanti Istijoso, SMERU) [pdf]

HARI 2

Hari 2 Sesi 1

Langkah-langkah untuk Memperbaiki Kebijakan (60 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta dapat mengidentifikasi langkah-langkah mempengaruhi kebijakan berdasarkan pengalaman advokasi yang telah dilakukan

Fasilitator memandu diksusi identifikasi langkah-langkah advokasi kebijakan dengan menggunakan metode Workshop-ToP

Flipchart Pertanyaan Kunci Workshop

Peserta diperkenalkan dengan RAPID Framework: 6 langkah advokasi kebijakan

Peserta diminta untuk melakukan brainstorming langkah-langkah advokasi kebijakan secara individu dan dilanjutkan secara berkelompok yang dituliskan dalam kartu ide

Peserta dapat membandingkan beberapa pendekatan langkah advokasi perubahan kebijakan

Peserta diminta untuk menyampaikan hasil brainstorming kepada fasilitator untuk ditempelkan dan dibacakan

Fasilitator memandu diskusi untuk mengelompokkan kartu-kartu ide dari peserta dan menyepakati urutan langkah advokasi kebijakan

Fasilitator memaparkan RAPID framework yang berisikan 6 langkah advokasi kebijakan

PPT tentang RAPID framework

Fasilitator memfasilitasi diskusi untuk mebandingkan langkah advokasi kebijakan berdasarkan diskusi dan RAPID framework, dalam hal persamaan, dan perbedaan, dan kemungkinan sintesanya

Format Isian Persamaan dan Perbedaan antara dua model langkah advokasi kebijakan

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi:

“Langkah-langkah Advokasi Kebijakan” [ppt]

Fasilitator: Adenantera Dwicaksono, INISIATIF

 

Lembar Bantu Belajar

§         Merumuskan Tujuan Advokasi [pdf]

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         Strategies to Enhance Research Impact (John Young, RAPID – ODI) [pdf]

§         Working with Complexity: Six Steps to Maximise the Impact of Research on Policy and Practice (Enrique Mendizabal & John Young, RAPID – ODI) [pdf]/ Bekerja dengan Kompleksitas: Enam Langkah untuk Memaksimalkan Dampak Penelitian terhadap Kebijakan dan Praktiknya [pdf].

 

Toolkits & Bahan Bacaan

§         6 Steps (John Young, RAPID-ODI) [pdf]

§         6 Lesson (Ajoy Datta, RAPID-ODI) [pdf]

§         Mapping Political Context: A Toolkit for Civil Society Organizations (Nash et al, RAPID – ODI) [pdf]

§         Civil Society Index (CIVICUS) [pdf]

§         Democracy and Governance Assessment (USAID) [pdf]

§         Drivers of Change (DFID) [pdf]

Hari 2 Sesi 2

Memahami Konteks dan Analisa Pemangku Kepentingan (90 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memahami pentingnya memahami konteks advokasi dan analisis pemangku kepentingan

Fasilitator memaparkan pentingnya memahami konteks dan peta pemangku kepentingan, serta memperkenalkan RAPID framework, dan AIIM

PPT tentang analisis konteks dan pemangku kepentingan beserta alat-alat analisisnya

Peserta dapat menggunakan alat analisis konteks dan pemangku kepentingan untuk advokasi kebijakan

Fasilitator memandu kelompok untuk melakukan analisis konteks dengan menggunakan RAPID framework atas kasus yang digunakan pada sesi sebelumnya

PPT Penugasan kerja kelompok

Peserta dapat mengemukakan kelebihan dan kekurangan dari alat tersebut, dan beberapa catatan terhadap alat analisis yang dipakai

Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi

Fasilitator memandu kelompok untuk melakukan analisis pemangku kepentingan dengan menggunakan alat analisis AIIM berdasarkan kasus kelompok yang telah digunakan

Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Analisis Konteks dan Pemangku Kepentingan” [ppt]

Fasilitator: M.Maulana, Seknas FITRA

 

Lembar Bantu Belajar

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         Stakeholder Analysis [pdf]/Analisis Pemangku Kepentingan [pdf]

§         Context, Evidence, Links Framework for Analysis, RAPID Framework; AIIM Matrix [pdf]/ Kerangka Kerja RAPID; Konteks, Bukti dan Keterkaitan [pdf]

 

Toolkits & Bahan Bacaan

§         Tools for Policy Impact: A Handbook for Researchers (Daniel Start & Ingie Hovland, RAPID ODI) [pdf]

§         Policy Engagement: How Civil Society Can Be More Effective (Court et al, RAPID – ODI) [pdf]

Hari 2 Sesi 3

Menentukan Perubahan yang Diinginkan untuk Advokasi Kebijakan Berbasis Bukti (90 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memahami perubahan sikap penentu kebijakan dalam rangka terciptanya perubahan kebijakan yang diinginkan

Fasilitator memaparkan tentang pentingnya perubahan sikap penentu kebijakan dalam mendorong perubahan kebijakan, serta memperkenalkan alat analisis outcome mapping

PPT tentang mengklarifikasi perubahan yang diinginkan dan pengenalan alat analisis outcome mapping

Peserta dapat mengidentifikasi perubahan sikap (behaviour changes) dengan menggunakan alat analisis outcome mapping

Fasilitator memandu kelompok untuk melakukan analisis perubahan sikap penentu kebijakan yang diinginkan dengan menggunakan outcome mapping

PPT Penugasan kerja kelompok

Peserta dapat mengemukakan kelebihan dan kekurangan dari alat tersebut, dan beberapa catatan terhadap alat analisis yang dipakai

Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi

Fasilitator memandu diskusi refleksi

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Menentukan Arah Perubahan: Pengantar Outcome Mapping[ppt]

Fasilitator: Adenantera Dwicaksono, INISIATIF

 

Lembar Bantu Belajar

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         Outcome Mapping [pdf]/Pemetaan Hasil [pdf]

Toolkits & Bahan Bacaan

§         Successful Communication: A Toolkit for Researchers and Civil Society Organizations (Inge Hovland, RAPID-ODI) [pdf]

§         Making a Difference: M&E of Policy Research (Inge Hovland, RAPID-ODI) [pdf]/Membuat Perbedaan: Pemantauan dan Evaluasi Penelitian Kebijakan [pdf]

Hari 2 Sesi 4

Melakukan Identifikasi Proses Perubahan (70 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memperoleh pemahaman bagaimana menentukan proses-proses perubahan kebijakan

Fasilitator memaparkan pentingnya mengidentifikasi proses perubahan, dan memperkenalkan alat analisis FFA.

PPT tentang Advokasi Kebijakan Berdasarkan Bukti

Peserta dapat mengidentifikasi proses perubahan yang mungkin dilakukan dengan menggunakan alat analisis Force Field Analysis

Fasilitator memandu kelompok untuk melakukan analisis proses perubahan  dengan menggunakan FFA

PPT Penugasan kerja kelompok

Peserta dapat mengemukakan kelebihan dan kekurangan dari alternatif tersebut, dan beberapa catatan terhadap alat analisis yang dipakai

Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi

Fasilitator memandu diskusi refleksi

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Proses Perubahan: Analisis Medan Kekuatan (Force Field Analysis)” [ppt]

Fasilitator: Chitra Hariyadi, PATTIRO

 

Lembar Bantu Belajar

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         Force Field Analysis [pdf]/FFA (Bahasa Indonesia) [pdf]

§         SWOT Analysis [pdf]/Analisis SWOT [pdf]

 

Toolkits & Bahan Bacaan

Tools for Policy Impact: A Handbook for Researchers (Daniel Start & Ingie Hovland, RAPID ODI) [pdf]

 

HARI 3

Hari 3 Sesi 1

Penilaian Kapasitas Untuk Mempengaruhi Kebijakan (80 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta dapat mengidentifikasi kapasitas yang dimiliki dan diperlukan untuk mendorong perubahan kebijakan

Fasilitator mempresentasikan analisis identifikasi kapasitas untuk mempengaruhi kebijakan serta memperkenalkan alat analisis yang relevan

Flipchart Pertanyaan Kunci Workshop

Peserta dapat melakukan penilaian kapasitas untuk mempengaruhi perubahan kebijakan dengan menggunakan alat analisis

Fasilitator memandu kelompok untuk melakukan analisis perubahan sikap penentu kebijakan yang diinginkan dengan menggunakan outcome mapping

PPT Penugasan kerja kelompok

Peserta dapat mengemukakan kelebihan dan kekurangan dari alat tersebut, dan beberapa catatan terhadap alat analisis yang dipakai

Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi

Fasilitator memandu diskusi refleksi

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Penilaian Kapasitas untuk Mempengaruhi Kebijakan” [ppt]

Fasilitator: Harini Agustina, B-Trust

 

Lembar Bantu Belajar

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         Lembar Latihan [pdf]

§         Penilaian Kapasitas Kelembagaan [pdf]

§         Outline Presentasi [pdf]

 

 

Hari 3 Sesi 2

Mengembangkan Strategi Komunikasi (90 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memahami kebutuhan untuk mengkomunikasi bukti kepada pihak penentu kebijakan melalui policy brief

Fasilitator memaparkan policy brief sebagai media komunikasi pesan advokasi kepada pihak-pihak penentu kebijakan

PPT tentang mengklarifikasi perubahan yang diinginkan dan pengenalan alat analisis outcome mapping

Peserta dapat mengembangkan outline policy brief

Fasilitator memandu kelompok untuk melakukan simulasi mengembangkan outline policy brief

PPT Penugasan kerja kelompok

Peserta dapat mengemukakan kelebihan dan kekurangan dari alat tersebut, dan beberapa catatan terhadap alat analisis yang dipakai

Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi

Fasilitator memandu diskusi refleksi

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Membangun Strategi Komunikasi” [ppt]

Fasilitator: M.Maulana, Seknas FITRA

 

Lembar Bantu Belajar

§         Mengembangkan Strategi Komunikasi (Media Trust) [pdf]

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         Communication Strategies [pdf]

§         Social Network Analysis [pdf]

 

Toolkits & Bahan Bacaan

§         Successful Communication: A Toolkit for Researchers and Civil Society Organizations (Inge Hovland, RAPID-ODI) [pdf]

 

Hari 3 Sesi 3

Pengenalan Alat Komunikasi 1: Kertas Kebijakan (Policy Brief) (100 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memahami kebutuhan untuk mengkomunikasi bukti kepada pihak penentu kebijakan melalui policy brief

Fasilitator memaparkan policy brief sebagai media komunikasi pesan advokasi kepada pihak-pihak penentu kebijakan

PPT tentang mengklarifikasi perubahan yang diinginkan dan pengenalan alat analisis outcome mapping

Peserta dapat mengembangkan outline policy brief

Fasilitator memandu kelompok untuk melakukan simulasi mengembangkan outline policy brief

PPT Penugasan kerja kelompok

Peserta dapat mengemukakan kelebihan dan kekurangan dari alat tersebut, dan beberapa catatan terhadap alat analisis yang dipakai

Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi

Fasilitator memandu diskusi refleksi

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Mengenal Alat Komunikasi: Kertas Kebijakan (Policy Brief)” [ppt]

Fasilitator: Yuyu Komariah, B-Trust

 

Lembar Bantu Belajar

§         Exercise Sheet [pdf]

Contoh Policy Papers:

§         BBM Trans [pdf]

§         Ekonomi Mikro (SMERU) [pdf]

§         Forestry (CIFOR) [pdf]

§         Tata Ruang dan Proses Penataan Ruang [pdf]

§         MAPAG [pdf]

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         Background Note: Policy Briefs a Communication Tool for Development Research (ODI) [pdf]

§         Policy Papers (RAPID-ODI) [pdf]/Kertas Kebijakan [pdf]

 

Toolkits & Bahan Bacaan

§         An Introduction to Communication Tool (RAPID-ODI) [pdf]

§         Tips and Hints: Writing and ODI Briefing Paper (RAPID-ODI) [pdf]

§         Successful Communication: A Toolkit for Researchers and Civil Society Organizations (Inge Hovland, RAPID-ODI) [pdf]

§         Tools for Policy Impact: A Handbook for Researchers (Daniel Start & Ingie Hovland, RAPID ODI) [pdf]

Hari 3 Sesi 4

Pengenalan Alat Komunikasi 2: Press Release atau Artikel Opini (100 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memahami kebutuhan untuk mengkomunikasikan pesan advokasi kepada publik yang lebih luas dengan format populer melalui media tulisan press release atau artikel opini

Fasilitator memaparkan pentingnya menguasai kemampuan menulis press release maupun artikel opini untuk mengkomunikasikan pesan advokasi ke pihak yang lebih luas

PPT tentang Advokasi Kebijakan Berdasarkan Bukti

Peserta dapat mengembangkan outline press release atau artikel opini

Fasilitator memandu kelompok untuk melakukan simulasi mengembangkan outline press release atau artikel opini

PPT Penugasan kerja kelompok

Peserta dapat mengemukakan kelebihan dan kekurangan dari alat tersebut, dan beberapa catatan terhadap alat analisis yang dipakai

Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi

Fasilitator memandu diskusi refleksi

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Perkenalan Alat Komunikasi: Kertas Kebijakan” [ppt]

Fasilitator: M.Maulana, Seknas FITRA

 

Lembar Bantu Belajar

§         Membuat Siaran Pers yang Menarik (Tri Agus S.S.) [pdf]

§         Menulis Populer (Jajang Jamaludin, Redaktur Koran Tempo dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI)) [pdf]

§         Contoh Press Release Seknas FITRA 1 [pdf]

§         Contoh Press Release Seknas FITRA 2 [pdf]

§         Contoh Ringkasan Eksekutif Evaluasi MDGs Seknas FITRA [pdf]

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         Policy Brief sebagai Instrumen Komunikasi untuk Penelitian Pembangunan (Nicola Jones & Cora Walsh) Bahasa Inggris [pdf] dan Bahasa Indonesia [pdf]

 

Toolkits & Bahan Bacaan

§         Successful Communication: A Toolkit for Researchers and Civil Society Organizations (Inge Hovland, RAPID-ODI) [pdf]

§         Menulis Kolom di Media Massa (Nezar Patra) [pdf]

 

HARI 4

Hari 4 Sesi 1

Pengantar Pengetahuan Advokasi Kebijakan (Knowledge Management) (sesi 1 dan 2: 175 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memperoleh pemahaman tentang pentingnya pengolahan pengetahuan dalam lembaga berdasarkan advokasi

Fasilitator mempresentasikan analisis identifikasi kapasitas untuk mempengaruhi kebijakan serta memperkenalkan alat analisis yang relevan

Flipchart Pertanyaan Kunci Workshop

Peserta mengetahui beberapa alat knowledge management

Fasilitator memandu kelompok untuk melakukan analisis perubahan sikap penentu kebijakan yang diinginkan dengan menggunakan outcome mapping

PPT Penugasan kerja kelompok

Peserta dapat mengemukakan kelebihan dan kekurangan dari alternatif tersebut, dan beberapa catatan terhadap alat analisis yang dipakai

Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi

Fasilitator memandu diskusi refleksi

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Pengelolaan Pengetahuan untuk Lembaga Advokasi” [ppt]

Fasilitator: Adenantera Dwicaksono, INISIATIF

 

Lembar Bantu Belajar

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         Bantuan Kawan Dekat (Peer Assist) [pdf]

§         After Action Review  [pdf]

§         Stories [pdf]

§         Knowledge Sharing and Learning  [pdf]

 

Toolkits & Bahan Bacaan

§         Tools for Knowledge and Learning: A Guide for Development and Humanitarian Organizations (Ben Ramalingam, RAPID-ODI) [pdf]

 

Hari 4 Sesi 2

Pembelajaran dan Berbagi Pengetahuan 1: Bantuan Kawan Dekat (Peer Assist) (sesi 1 dan 2: 175 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memahami kebutuhan untuk menuliskan pengalaman advokasi menjadi lesson learned dengan format yang lebih hidup

Fasilitator memaparkan siklus belajar dalam kerangka kerja advokasi kebijakan, serta mengenalkan metode peer assist sebagai teknik fasilitasi pembelajaran pra tindakan

PPT tentang analisis konteks dan pemangku kepentingan beserta alat-alat analisisnya

Peserta dapat menggunakan alat analisis dalam mengembangkan strategi komunikasi dalam advokasi

Fasilitator memandu kelompok untuk melakukan simulasi peer assist

PPT Penugasan kerja kelompok

Peserta dapat mengemukakan kelebihan dan kekurangan dari alat tersebut, dan beberapa catatan terhadap alat analisis yang dipakai

Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi

Fasilitator memandu diskusi refleksi

 

Penjelasan Sesi [pdf]

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Pembelajaran dan Berbagi Pengetahuan 1: Bantuan Kawan Dekat” [ppt]

Fasilitator: Adenantera Dwicaksono, INISIATIF

Lembar Bantu Belajar

Bahan RAPID-ODI untuk Pelatihan Advokasi

§         Bantuan Kawan Dekat [pdf]

§         Sesi Tantangan [pdf]

 

Toolkits & Bahan Bacaan

§         Tools for Knowledge and Learning: A Guide for Development and Humanitarian Organizations (Ben Ramalingam, RAPID-ODI) [pdf]

§          Tools for Policy Impact: A Handbook for Researchers (Daniel Start & Ingie Hovland, RAPID ODI) [pdf]

 

Hari 4 Sesi 3

Pembelajaran dan Berbagi Pengetahuan 2: Menulis Cerita (Story Telling) (90 menit)

 

Alur Sesi:

Tujuan

Alur Proses

Material & Handout

Peserta memahami kebutuhan untuk menuliskan pengalaman advokasi menjadi lesson learned dengan format yang lebih hidup

Fasilitator memaparkan  pentingnya menuangkan pengalaman dalam format yang lebih hidup tidak sekedar laporan kegiatan yang kering, serta memperkenalkan format penulisan pengalaman dalam cerita

PPT tentang analisis konteks dan pemangku kepentingan beserta alat-alat analisisnya

Peserta dapat menggunakan alat analisis dalam mengembangkan strategi konomunikasi dalam advokasi

Fasilitator memandu kelompok untuk melakukan simulasi menyusun story of change

PPT Penugasan kerja kelompok

Peserta dapat mengemukakan kelebihan dan kekurangan dari alat tersebut, dan beberapa catatan terhadap alat analisis yang dipakai

Masing-masing Kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi

Fasilitator memandu diskusi refleksi

 

 

BAHAN PELATIHAN:

 

Presentasi

“Pembelajaran dan Berbagi Pengetahuan 2: Cerita Perubahan” [ppt]

Fasilitator: M. Maulana, Seknas Fitra

 

Lembar Bantu Belajar

§         Cerita Perubahan [pdf]

§         Create Story of National Level: Policy Change [pdf]

 

Toolkits & Bahan Bacaan

§         Tools for Policy Impact: A Handbook for Researchers (Daniel Start & Ingie Hovland, RAPID ODI) [pdf]

Hari 4 Sesi 4

Diskusi Refleksi Materi Pelatihan

 

Sebelum penutupan diberikan presentasi singkat mengenai Ebpdn-SEA. Diharapkan dengan bergabung dengan jaringan ini peserta dapat memperkuat kapasitasnya dalam melakukan advokasi kebijakan berdasarkan bukti.

 

Pengantar Evidence-based Policy in Development Network (Ebpdn)