Ulfah Alifia

Nama Panggilan
Uli
 
Jabatan
Peneliti
 
Kualifikasi

Ulfah memiliki gelar sarjana di bidang ilmu Hortikultura dari Institut Pertanian Bogor. Dia kemudian tertarik dengan isu-isu sosial dan memutuskan untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana di bidang ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia.


Deskripsi Pekerjaan

Ulfah adalah seorang peneliti kualitatif, yang mempunyai minat di topik isu anak dan remaja, keluarga, grup minoritas, dan isu kesehatan. Sebagai peneliti kualitatif, Ulfah berperan dalam keseluruhan proses penelitian, seperti mengembangkan desain penelitian, memimpin kegiatan pengumpulan data, dan melakukan analisis dan interpretasi terhadap data. Selama bekerja di SMERU, Ulfah telah terlibat dalam penelitian terkait isu perlindungan sosial, tata kelola pemerintahan, kesehatan, serta anak.


Pengalaman Kerja

Sebelum bergabung dengan SMERU pada tahun 2015, Ulfah bekerja sebagai konsultan di Center for International Forestry Research (2012–2013), Kementerian Kehutanan dan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF). Selain itu, Ulfah juga telah menerbitkan beberapa buku non-fiksi dan fiksi sepanjang tahun 2012 – 2015.


Prestasi

Ulfah mendapatkan beasiswa dari Tanoto Foundation selama menempuh pendidikan pascasarjana di Universitas Indonesia pada periode 2011-2013.