Syaikhu Usman

Nama Panggilan
Syaikhu
 
Jabatan
Peneliti Utama
 
Kualifikasi

Syaikhu menyandang gelar doktor dalam sosiologi pembangunan dan gelar master dalam sosiologi perdesaan dari Cornell University, AS. Ia mendapatkan gelar sarjana dalam pengajaran ilmu sosial dari Institut Pelatihan Guru dan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta.


Deskripsi Pekerjaan

Syaikhu adalah peneliti utama, dengan spesialisasi pada kebijakan publik dan analisis kemiskinan. Minat penelitiannya meliputi isu pemerintahan lokal, partisipasi warga, dan pendidikan. Sebagai peneliti utama, Syaikhu bertanggung jawab sebagai seorang pemimpin, penasihat, atau peninjau di berbagai tahap kegiatan penelitian. Dia juga membantu menyelesaikan beberapa tahap kegiatan penelitian yang tertunda, terutama penulisan laporan akhir. Selain itu, beliau menjabat sebagai ketua Dewan Pembina Yayasan SMERU, Jakarta.


Pengalaman Kerja

Sebelum bergabung dengan SMERU, Syaikhu adalah dosen di Universitas Sriwijaya, Palembang. Syaikhu sebelumnya adalah seorang peneliti di Center for Policy and Implementation Studies (CPIS) dan Social Monitoring and Early Response Unit, Jakarta.


Prestasi

Syaikhu dianugerahi lulusan terbaik pada program pelatihan penelitian satu tahun di Pusat Penelitian Ilmu Sosial, Banda Aceh, pada 1976. Pelatihan ini dihadiri oleh para dosen dari beberapa universitas di Indonesia.