Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan

Kemiskinan merupakan isu strategis yang perlu mendapat perhatian bersama dalam perumusan kebijakan. The SMERU Research Institute, sebagai lembaga terdepan di bidang penelitian sosial-ekonomi di Indonesia, mendukung wacana kebijakan sektor publik dan swasta yang inklusif melalui analisis kebijakan penanggulangan kemiskinan dan potensi dampaknya. Sehubungan dengan itu, SMERU bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN), Knowledge Sector Initiative (KSI), dan Asosisasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan di Jakarta, 3–5 Desember 2019. Kegiatan ini mengundang peserta dari kalangan ASN dan non-ASN sebagai bagian dari upaya SMERU dalam mendorong peningkatan kualitas kebijakan pembangunan berbasis bukti.

Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan menawarkan pemahaman dasar terkait konteks, konsep, dan teknik dasar analisis kebijakan penanggulangan kemiskinan berbasis bukti. Pelatihan ini menggunakan modul yang disusun mengikuti siklus perumusan kebijakan, yang mencakup pemetaan isu kemiskinan dalam agenda kebijakan, pengukuran kemiskinan, perumusan, hingga monitoring dan evaluasi kebijakan penanggulangan kemiskinan. Dengan demikian, modul ini dapat menjadi panduan bagi para analis kebijakan untuk merumuskan dan menganalisis kebijakan-kebijakan yang sensitif terhadap kemiskinan di lembaga tempat mereka bekerja.

Selama pelatihan yang diadakan selama tiga hari ini, peserta diberi penjelasan mendalam tentang peran analis kebijakan, konsep kemiskinan, pengukuran kemiskinan, perumusan kebijakan penanggulangan kemiskinan, urgensi monitoring dan evaluasi kebijakan penanggulangan kemiskinan, serta teori perubahan dalam desain dan evaluasi kebijakan. Selain itu, pelatihan ini mencakup sesi praktik wawancara mendalam dan focus group discussion untuk mengumpulkan data kemiskinan. Peserta juga diberi pengarahan tentang penyusunan kertas kebijakan sebelum mendapat tugas menyusun kertas kebijakan mereka sendiri.

Untuk melihat dokumentasi foto kegiatan pelatihan tersebut, kunjungi halaman Facebook The SMERU Research Institute.

Jika tertarik untuk mengikuti pelatihan tersebut, Bapak/Ibu dapat menghubungi kami di http://www.smeru.or.id/id/kontak.


Bagikan Postingan Ini