Niken Rarasati

Nama Panggilan
Rasti
 
Jabatan
Peneliti
 
Kualifikasi

Rasti meraih gelar magister di bidang kognisi sosial dari University College London dan gelar sarjana di bidang psikologi dari Universitas Gadjah Mada.


Deskripsi Pekerjaan

Rasti adalah peneliti kuantitatif untuk Program RISE di Indonesia, dengan spesialiasi pada psikometri, penilaian, dan psikologi eksperimental. Dia memimpin pengembangan alat penilaian pembelajaran siswa, observasi pengajaran dan pemelajaran, dan alat lain untuk mengukur aspek sikap dan perilaku yang mungkin memengaruhi pendidikan dan pembelajaran. Dalam Program RISE di Indonesia, Rasti melakukan studi tentang apa saja yang diperlukan untuk memperbaiki praktik pengajaran dan hasil pemelajaran.


Pengalaman Kerja

Sebelum bergabung dengan SMERU, Rasti adalah peneliti di INOVASI, sebuah program kemitraan Pemerintah Australia dan Indonesia dalam bidang pendidikan, dan asisten peneliti di Pusat Psikologi Adat dan Budaya, UGM.


Prestasi

Pada 2013, Rasti menerima Jung Tae-Gon Asian Young Scholar Award dari Asian Association of Indigenous and Cultural Psychology untuk penelitiannya yang berjudul "Orientation and Attribution toward Happiness and Anger". Bekerja sama dengan empat mahasiswa lain dari berbagai negara di Asia Timur dan Tenggara, ia menerima K.S. Yang Research Award untuk para peneliti muda Asia Pasifik untuk proyek penelitian mereka memeriksa apakah priming budaya dapat mengurangi atau meningkatkan level stereotip terhadap orang-orang dari suku atau agama lain. Penghargaan diberikan oleh Asosiasi Asia untuk Psikologi Sosial pada 2014.