Buletin SMERU No. 2/2019

Liza Hadiz, Budhi Adrianto, Dhania Putri Sarahtika, Gunardi Handoko, Wiwin Purbaningrum
Pembangunan Berbasis Masyarakat, Ketenagakerjaan, Migrasi, & Sektor Informal, Kemiskinan & Ketimpangan, Pembangunan Desa & Pertanian

Buletin, December, 2019, Final
Unduh


Buletin SMERU menyajikan geliat pembangunan di perdesaan dan tantangan ketenagakerjaan di Indonesia. Artikel pertama mengungkapkan bahwa keberhasilan pembangunan dalam menurunkan tingkat kemiskinan cenderung diikuti kenaikan tingkat ketimpangan.

Sayangnya, sebagaimana diungkap dalam kajian pada artikel kedua, pelaksanaan Undang-Undang Desa (UU Desa) ternyata lebih memperkuat posisi pemerintah desa daripada posisi Badan Permusyawaratan Desa sebagai saluran aspirasi warga.

Sementara itu, artikel ketiga melaporkan manfaat Proyek Perbaikan Jalan Nasional Indonesia Bagian Timur dalam memperluas kesempatan produsen di perdesaan untuk bertemu langsung dengan banyak konsumen dan pedagang.

Kajian mengenai kemiskinan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (artikel keempat) membeberkan adanya anomali perekonomian. Meskipun Produk Domestik Regional Brutonya tinggi dan angka pertumbuhan ekonominya di atas rerata nasional, kabupaten ini menghadapi tingkat kemiskinan yang tinggi.

Isu ketenagakerjaan ini secara khusus dibahas dalam artikel kelima oleh penulis tamu, Zulfan Tadjoeddin. Penulis menyatakan bahwa penurunan tingkat pengangguran merupakan indikator ketenagakerjaan dari sisi kuantitas dan tidak mencerminkan kualitas. Penulis juga mengingatkan bahwa membangun sumber daya manusia maju lebih sulit daripada menurunkan tingkat pengangguran.


Bagikan Postingan Ini