Ada Tren Global Krisis Kepercayaan Terhadap LSM

Oleh Frendy Kurniawan | Selasa, 14 Maret 2017 | Tirto.ID

 

 

 

Saat ini, belum ada data yang komprehensif terkait dengan jumlah LSM di Indonesia. Buku Direktori Lembaga Swadaya Masyarakat di Indonesia (2001) dari LP3ES memberi informasi jumlah LSM sebesar 444 sampai dengan tahun itu. Dari data Kementerian Dalam Negeri, daftar Organisasi Masyarakat (Ormas) dan LSM yang terdaftar hingga 2010 sebanyak 364 lembaga. Sementara, informasi yang dapat diperoleh melalui database online milik Lembaga Penelitian SMERU mencatat ada 2.848 LSM dari seluruh Indonesia per 13 Maret 2017. 

Berangkat dari data SMERU, LSM dengan kerja isu lingkungan hidup merupakan organisasi masyarakat sipil yang paling dominan di Indonesia secara kuantitas, yakni mencakup 675 organisasi. Hal ini memberi semacam sinyal bahwa mungkin memang benar soal lingkungan hidup di Indonesia menempati suatu situasi yang darurat. Atau, bisa juga, ada ketergantungan yang besar LSM di Indonesia dengan pembiayaan pendonor asing yang memang suka dan sangat peduli terhadap kasus lingkungan hidup. 

Sementara LSM untuk bidang usaha kecil/industri rumah tangga mencapai 181 organisasi dan menjadi LSM dengan jumlah kuantitas kedua terbanyak di Indonesia. Pada urutan ketiga ditempati LSM yang fokus pada permasalahan perempuan dan gender dengan jumlah 100 LSM. 

Selengkapnya....